Sebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya . Rambut rontok dapat menurunkan semangat dalam berpenampilan. Rambut rontok kerap terjadi, hingga penipisan rambutpun datang. Hal demikian sungguh tidak di inginkan. Apalagi anda seorang yang memperhatikan dengan penampilan. Jumlah penderita rambut rontok tiap tahunnya meningkat. Penyebab terjadi kasus tersebut kurangnya perawatan atau perhatian lebih pada kesehatan. Rambut rontok bisa di derita banyak umur, baik orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak kerap terjadi. Jika Anda melihat berbagai iklan shampo dengan model yang berambut tebal dan sehat, Anda pasti iri kan? Rambut tebal adalah salah satu indikator kecantikan dan mengalami rambut rontok pasti menjadi bencana untuk wanita.



Namun rambut rontok itu sebenarnya wajar, karena rambut bisa rontok sekitar 50-100 helai per hari. Jika lebih dari itu, baru Anda perlu memeriksakannya. Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, ada beberapa penyebab utama mengapa Anda mengalami rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Makanan

Terkadang makanan pedas dan berminyak, memberikan rasa yang lebih nikmat dari makanan biasa-biasa saja. Tapi, perlu anda ketahui bahwa dari makanan tersebut adalah awal munculnya penyakit pada tubuh. Salah satunya kulit kepala akan kelebihan minyak, dan mengakibatkan rambut menjadi rontok atau akan bertambah masalah seperti munculnya ketombe.

Penggunaan Alat Rambut

Hairdryer, sisir, mewarnai, dan penggunaan ikat rambut. Memang memberikan rambut lebih berkaya dan lebih enak di pandang. Tapi, jika hal tersebut sudah berkelebihan atau tidak sesuai dengan aturannya. Maka muncullah masalah yang sedang kita bahas ini.

Genetika

Ada beberapa orang memang memiliki lebih sedikit rambut di kepala karena kondisi genetik atau turunan. Dalam arti, ada wanita yang memang terlahir dengan rambut lebat dan indah, ada juga yang terlahir dengan rambut tipis dan jarang.

Cara mengatasinya: Anda bisa mencoba berbagai perawatan menebalkan dan menyuburkan rambut. Meskipun secara alami Anda tidak memiliki banyak rambut dan sering mengalami rontok, namun menutrisi rambut secara rutin bisa memperkecil parahnya kerontokan rambut.

Mengalami Perubahan hormon

Wanita lebih sering mengalami perubahan hormon, saat puber, saat menstruasi, saat menggunakan pil KB, saat hamil, saat setelah melahirkan dan bahkan saat menopause. Ini juga mempengaruhi pertumbuhan rambut di kepala.

Cara mengatasinya: Anda bisa meminta saran dokter jika benar-benar parah, dan dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menghentikan kerontokan rambut. Namun jika kerontokan rambut hanya terjadi tidak parah, Anda cukup makan banyak makanan sehat untuk menutrisi rambut.

Terlalu keras mengikat rambut

Anda suka mengikat rambut? Sebaiknya jangan terlalu kencang. Bukan hanya bisa menarik rambut dari akarnya, yang mana memperburuk kerontokan rambut, tapi juga membuat kepala pusing atau pening. Sebaiknya gerai rambut dan jika ingin mengikat, pakai jepit rambut saja atau pakai karet rambut yang tidak terlalu kencang.

Kurang zat besi dan vitamin D

Nutrisi bukan hanya dibutuhkan tubuh, namun juga untuk pertumbuhan rambut Anda. Makanan kaya zat besi dan vitamin D paling banyak dibutuhkan, bukan hanya untuk darah, tapi juga untuk memperkuat batang dan akar rambut.

Menjalani pengobatan

Jika Anda sedang menjalani pengobatan seperti kemoterapi atau pengobatan lain, memang cenderung akan mengalami merontokkan rambut. Efek kimiawi obat akan mempengaruhi pertumbuhan rambut dan melemahkan beberapa sel-sel di kulit kepala.

Setelah pengobatan, sistem imun dan sel-sel tertentu pengatur pertumbuhan rambut akan membaik sendiri. Terlalu sering styling rambut juga buruk untuk rambut karena bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh, akibatnya, rambut patah-patah dan rontok.

Bahan kimia, memang umum mempunyai efek samping yang banyak. Dan ada juga dari berbagai banyak obat, yang ternyata efeknya bisa merontokkan rambut. Tapi, jika obat yang di gunakan selesai maka rontokpun berhenti.

Cara Mengatasi Rambut Rontok


Pijat Kulit Kepala

Seringlah melakukan pijitan pada kulit kepala anda, dengan melakukan dengan santai dan lebih terasa nyaman. Karena dengan melakukan hal tersebut dapat membuat proses sirkulasi pada bagian rambut anda menjadi lanjar dan baik. Saat pemijatan bisa juga anda menggunakan minyak yang sudah terpecaya.

Menggunakan Lidah Buaya

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di aloevera atau lidah buaya dapat membuat rambut anda lebih baik terutamanya menjadikan rambut tebal dan subur. Anda bisa melakukannya dengan cara mengambil lidah buaya lalu memotong menjadi dua bagian. Lalu ambil lendirnya dan oleskan pada seluruh bagian rambut sambil memijti-mijit. Dan diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

Masker Telur

Protein tinggi yang terdapat di dalam telur, bisa kita manfaatkan sebagai obat mengatasi rambut rontok. Adapun caranya adalah sebagai berikut. Ambil sebutir telur lalu kocok ke dalam sebuah wadah, lalu teteskan perasan jeruk lemun kedalam telur yang sudah di kocok tadi. Kemudian oleskan pada rambut anda.

Kurangi Mengingat Rambut

Jika anda suka mengingat rambut, maka hal tersebut adalah bagian dari penyebabnya. Maka sekarang cobalah untuk mengurangi mengikat rambut. Tetapi jika anda ingin tetap mengikat rambut anda bisa melakukan hal demikian dengan alasan tidak terlalu kencang mengikatnya.

Madu

Sudah jadi rahasia umum bahwa madu sangat banyak sekali bisa mengobati berbagai masalah di kesehatan. Begitu juga dengan rambut rontok. Madu dapat membuat rambut menjadi subur dan lebih kuat. Nah, adapun cara penggunaanya dengan cara mengoleskan madu pada seluruh bagian permukaan kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan selama 10 menit. Lakukanlah cara ini serutin mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Sebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel